Selasa, 09 Desember 2008

Metode Pelaksanaan

1. PEKERJAAN ELEKTRIKAL.

Untuk pekerjaan Elektrikal Proyek Depok Town Square ini meliputi beberapa pekerjaan :

Ø Pekerjaan Transformator dan MVDB

Ø Pekerjaan LVMDP dan panel TR

Ø Pekerjaan Penerangan dan Stop Kontak

Ø Pekerjaan Penangkal Petir

Pekerjaan Transformator dan MVDB

Yang dimaksud pekerjaan Transformator dan MVDB adalah pekerjaan pengadaan unit transformator dan MVDB beserta pengkabelannya, termasuk proses penyambungan ke instalasi existing

a. Proses Pelaksanaan.

a.1. Handling.

Untuk material – material Transformator dan MVDB, karena dimensinya besar dan berat maka harus menggunakan bantuan mobil forklift atau sejenisnya.

a.2. Pemasangan / Pelaksanaan.

Pekerjaan tersebut perlu dikoordinasikan dengan pihak sipil khususnya untuk kesiapan ruangan panel dan trafo.

Pekerjaan LVMDB dan Panel TR

Yang dimaksud pekerjaan LVMDB dan panel TR adalah pekerjaan pengadaan unit LVMDB dan panel TR beserta pengkabelannya, termasuk proses terminasi di panel tersebut

b. Proses Pelaksanaan.

a.1. Handling.

Untuk material – material LVMDB dan panel TR, karena dimensinya besar dan berat maka harus menggunakan bantuan mobil forklift atau sejenisnya, sedangkan untuk deminsi yang kecil sampai sedang bisa menggunakan tenaga manusia.

a.2. Pemasangan / Pelaksanaan.

Pekerjaan tersebut perlu dikoordinasikan dengan pihak sipil khususnya untuk kesiapan ruangan panel.

Pekerjaan Penerangan dan Stopkontak.

Yang dimaksud pekerjaan Penerangan dan Stopkontak adalah pekerjaan pemasangan instalasi penerangan, pemasangan armature, pemasangan panel dan Stopkontak 1 phase lengkap dengan kabel distribusinya dan panel-panelnya.

c. Proses Pelaksanaan.

a.1. Handling.

Untuk material – material elektrikal dan Stopkontak, karena dimensinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat maka untuk pekerjaan yang dekat dengan gudang, pengangkutannya dapat menggunakan tenaga manusia. Tetapi untuk beberapa equipment harus menggunakan bantuan mobil forklift atau sejenisnya.

a.2. Pemasangan / Pelaksanaan.

· Pada saat pengecoran plat lantai, pekerjaan Penerangan dan Stopkontak dapat segera dimulai dengan pemasangan sparing conduit bersamaan dengan pembesian plat lantai.

· Setelah bekisting plat lantai dibongkar, maka pekerjaan wiring kabel untuk elektrikal dan Stopkontak dapat segera dimulai sesuai shop drawing yang disetujui.

· Test tahanan isolasi kabel dan grouping.

· Jika hasil test dinyatakan baik, maka pada saat pemasangan kerangka plafon dimulai juga pemasangan armature lampu.

· Untuk Stopkontak pada saat pekerjaan bata (dinding) sparing dan wiring dimulai dipasang pada dinding dimana titik Stopkontak diletakkan.

· Setelah dinding dilakukan finishing dan kondisi keamanan sudah terjamin (ruangan terkunci) maka Stopkontak dapat dipasang.

· Setelah itu dilanjutkan dengan connection instalasi ke panel di masing – masing lantai.

· Connection panel per lantai dengan panel induk (LVMDP).

· Test nyala lampu dan tegangan pada Stopkontak.

d. Pengetesan.

Untuk pekerjaan ini dilakukan test megger.

Pekerjaan Penangkal Petir

Yang dimaksud pekerjaan penangkal petir adalah pekerjaan pengadaan unit air terminal type electrostatic beserta down konduktornya berikut supporiting dan pembuatan system grounding sampai dengan pengetesan, berikut sertifikat dari Depnaker.

e. Proses Pelaksanaan.

a.1. Handling.

Untuk material – material pekerjaan ini tidak terlalu berat maka bisa menggunakan tenaga manusia.

a.2. Pemasangan / Pelaksanaan.

Pekerjaan tersebut perlu dikoordinasikan dengan pihak sipil khususnya untuk kesiapan lahan dimana titik air terminal berada.

2. PEKERJAAN ELEKTRONIKA

Pekerjaan Fire Alarm ,Telpon, Sound System

Yang dimaksud pekerjaan Fire Alarm Telpon dan Sound System adalah pekerjaan pemasangan instalasi sistem deteksi dini untuk kebakaran dalam gedung dan sistem komunikasi dengan orang lain

a. Proses Pelaksanaan.

a.1. Handling.

Untuk material – material fire alarm, telpon dan Soun System (conduit, kabel, klem), karena dimensinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat maka untuk pekerjaan yang dekat dengan gudang, pengangkutannya dapat menggunakan tenaga manusia. Tetapi untuk yang lokasinya jauh maka pengangkutannya dapat menggunakan bantuan mobil pengangkut.

a.2. Pemasangan / Pelaksanaan.

· Pada saat pengecoran plat lantai, pekerjaan instalasi Fire Alarm, Telpon dan Sound System dapat segera dimulai dengan pemasangan sparing conduit bersamaan dengan pembesian plat lantai.

· Setelah bekisting plat lantai dibongkar, maka pekerjaan wiring kabel untuk Fire Alarmn dan Telpon dapat segera dimulai sesuai shop drawing yang disetujui.

· Test tahanan kontinuitas.

· Pada saat pekerjaan bata (dinding), sparing dan wiring Fire Alarm dan Telpon dipasang pada dinding dimana titik Fire Alarm (bell, manual station, dll) dan titik outlet Telpon nanti diletakkan.

· Setelah dinding dilakukan finishing, ceiling sudah terpasang dan kondisi keamanan sudah terjamin (ruangan terkunci) maka titik Fire Alarm dan Detector, Outlet Telpon dapat segera dipasang.

· Setelah itu dilanjutkan dengan connection instalasi ke terminal box Fire Alarm dan TB Telpon di masing – masing lantai.

· Connection terminal box per lantai dengan MDF Fire Alarm, MDF Telpon, dan MDF Sound System

· Test fungsi.

b. Pengetesan.

Untuk pekerjaan ini dilakukan test kontinuitas.

3. TESTING DAN COMMISIONING.

Sesuai dengan standart yang ada dalam elemen – elemen ISO 9001, maka pekerjaan Inspection and Test adalah suatu item yang harus menjadikan concern bagi pelaksanaan pekerjaan ini. Didalam pelaksanaan nantinya kami merencanakan Tahap Pekerjaan Inspection and Test sebagai berikut :

1. Incoming Inspection

Adalah inspeksi yang dilakukan pada saat penerimaan barang dari vendor / supplier, hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa barang yang dikirim / yang kami terima adalah barang yang benar – benar sesuai dengan spesifikasi, kebutuhan dan pesanan.

2. Inprocess Inspection

Adalah inspeksi yang dilakukan pada saat pelaksanaan pekerjaan . Dengan demikian maka apabila terdapat kesalahan dalam proses pekerjaan dapat dideteksi sejak dini.

3. Final Inspection

Adalah inspeksi yang dilakukan pada saat pekerjaan telah selesai. Hal ini untuk memastikan bahwa semua pekerjaan atau peralatan yang dipasang sesuai dengan rencana.

4. General Testing dan Commisioning.

Pada tahap ini pelaksanaan Partial Test maupun General Testing dan Commisioning dilakukan oleh Kontraktor dengan disaksikan oleh Konsultan / Owner.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh ga beberapa isi blog nya tentang MEP saya copas ke blog yg akan saya buat?

terima kasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

Saya Sangat Berterima Kasih atas Penjelasan yg Sangat Komplit & Sistematis juga ini Saya Anggap Ilmu yg Luar Biasa Sekali lagi saya Ucapkan Terimakasih...