Senin, 01 Desember 2008

RENCANA PELAKSANAAN

Rencana pelaksanaan untuk Pekerjaan Elektrikal di Depok Town Square sesuai dengan WBS pada item II, maka pekerjaan akan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu :

1. PEKERJAAN PERSIAPAN.

Yang dimaksud pekerjaan persiapan adalah pekerjaan awal untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan – pekerjaan pokok (konstruksi).

Pekerjaan ini meliputi :

Ø Pekerjaan Survey Lahan

Ø Persiapan Gambar Kerja dan Approval material

Ø Persiapan Sarana Tempat Kerja

Ø Mempersiapkan Peralatan dan Gambar Kerja

Pekerjaan Survey Lahan.

Survey lahan adalah pengukuran kembali pada daerah / jalur yang akan dilakukan pekerjaan konstruksi untuk instalasi elektrikal. Selanjutnya hasil pengukuran tersebut dibuat stacking out (tanda yang bisa berujud patok kayu atau tanda lain yang bertujuan untuk mempermudah saat pelaksanaan).

Persiapan Gambar Kerja dan Approval Material.

Sebelum dimulainya pelaksanaan pekerjaan, harus disiapkan dulu gambar kerja dan pengajuan material (contoh material) yang sudah disetujui oleh Direksi. Apabila proses ini telah disetujui dapat dilanjutkan pada pemesanan / pembelian material yang disesuaikan dengan schedule pengadaan material yang telah disetujui.

Persiapan Sarana Tempat Kerja.

Untuk menunjang pekerja dalam menjalankan tugasnya, maka harus disiapkan sarana tempat kerja berupa bedeng tempat kerja atau site office. Tempat tersebut selain menampung tenaga pelaksana, pengawas dan Direksi juga dimaksudkan memudahkan komunikasi dalam menjalankan pekerjaan tersebut. Selain itu disiapkan pula gudang untuk menyimpan material maupun alat kerja dan juga sarana air bersih kerja dan listrik kerja.

Untuk bedeng pekerja akan ditentukan kemudian letaknya tetapi untuk gudang diusahakan diletakkan didalam lokasi proyek.


Persiapan Peralatan dan Tenaga Kerja.

Sesuai jenis pekerjaan yang dilakukan nanti, maka peralatan kerja disesuaikan dengan daftar peralatan terlampir dalam dokumen penawaran. Selain itu dipersiapkan pula sarana penunjang lain seperti : kendaraan dan lain – lain.

Untuk tenaga kerja selain mempersiapkan tenaga – tenaga ahli dibidang ini, khusus untuk tenaga – tenaga harian dapat diambil atau direkrut dari tenaga lokal / daerah setempat tetapi jika tidak memenuhi kuota yang dibutuhkan maka tidak menutup kemungkinan merekrut tenaga kerja harian dari daerah lain.



Tidak ada komentar: